Tuesday, February 25, 2014

Eka Andry, Kesadaran Berbisnis Harus Ditumbuhkan



Eka Andry, Kesadaran Berbisnis Harus Ditumbuhkan



Bisnis Fashion. Saat ini usaha distributor pakaian sudah menjamur di berbagai segmen, baik pakaian anak-anak, dewasa, remaja, dan orang tua. Pakaian merupakan kebutuhan yang harus diperoleh. Dan pakaian pun tidak akan pernah hilang dari perkembangan zaman, karena terus ada perubahan dan inovasi sesuai mode yang diinginkan.

Peluang bisnis menjadi distributor pakaian bayi dan anak-anak inilah yang digeluti Eka Andry. Ia memulai usaha nya pada Maret 2011 di daerah Surabaya, Jawa Timur. Pada awalnya ia masih berdagang sendiri, tapi setelah mengikuti pameran di tahun 2012, selanjutnya ia publikasikan usaha nya melalui web kaoskerenanak.yukbisnis.com dan beberapa portal iklan lainnya.

Eka mengatakan, usaha jenis ini belum banyak digeluti orang di di Surabaya. "Karena itulah saya bergegas membuat usaha distributor pakaian tersebut," ujar Eka Andry.

Kendala dalam berbisnis itu pasti ada. Pada bisnis yang ia jalani kendalanya meliputi, belum adanya website pribadi yang bisa menampilkan display produk secara online. Selain itu, dia juga belum memiliki karyawan. "Sedangkan kami berdua (suami-istri) bekerja dari pukul 8 pagi sampai 5 sore, sehingga banyak calon pembeli yang kesulitan menemui kami," katanya.

Kendala lainnya, kata Eka, saat ini promosi produk yang dilakukannya belum optimal. Namun, Eka tak hilang akal. Dia mempromosikan bisnis nya dengan menggunakan Twitter, mengikuti bazaar atau pameran, dan promo lewat media sosial lainnya. "Tapi nantinya, saya akan berencana untuk bisa promo ke beberapa toko atau babyshop, sehingga produk kami bisa konsisten untuk mengisi dan omzet dapat lebih terjaga bahkan meningkat dari yang selama ini saya dapatkan," kata Eka.

Saat ini, Eka mau meraup keuntungan sebesar Rp 2-3 juta per bulannya.

Untuk kiat suksesnya, Eka selalu pantang menyerah dan tidak gengsi. "Meskipun kami menjadi karyawan, tapi kami mampu menyisihkan waktu untuk kegiatan lain yang menghasilkan," jelasnya. (*DI)

No comments:

Post a Comment