Tuesday, February 25, 2014

AirAsia, Perusahaan Terbaik Asia Versi Euromoney



AirAsia, Perusahaan Terbaik Asia Versi Euromoney


Berdasar pemungutan suara dari sekitar 130 analis ekuitas yang bekerja di bank investasi maupun perusahaan riset.
Maskapai penerbangan AirAsia terpilih sebagai "Best Managed Company Overall" di Malaysia dan "Best Managed Company" di Asia untuk kategori aviasi atau penerbangan berdasarkan hasil pemungutan suara majalah global Euromoney.

"Ini merupakan usaha terbaik yang telah dilakukan oleh manajemen untuk memastikan perusahaan kami berkomitmen agar para investor dan pemangku kepentingan percaya dengan transparansi dan good governance yang dilakukan oleh AirAsia," kata CEO Grup AirAsia, Tan Sri Tony Fernandes dalam siaran persnya.
Menurut Fernandes, penghargaan yang diraih perusahaannya tersebut juga menegaskan keyakinan dan kepercayaannya bahwa perusahaan tersebut memiliki investasi yang besar dan akan terus mendorong pertumbuhan jumlah investor.

Diketahui, pemungutan suara yang dilakukan oleh manajemen internasional terkemuka Euromoney menerima respons dari sekitar 130 analis ekuitas yang bekerja baik di bank investasi maupun perusahaan riset terkemuka di wilayah Asia Pasifik, serta menghasilkan total 207 nama perusahaan.
Para analis diberikan pertanyaan mengenai perusahaan mana yang memiliki kinerja paling baik dan memiliki beberapa faktor sebagai berikut yaitu kemudahan dalam menjangkau manajemen, transparansi dalam proses akunting dan prosedur "corporate governance" (tata kelola perusahaan).
Selain itu, para analis memberikan penilaian tertinggi kepada maskapai penerbangan AirAsia atas peranannya dalam mempromosikan komunikasi yang transparan kepada para investor.

Mereka juga mengklaim, AirAsia memiliki strategi dan visibilitas yang baik dan jelas, serta senior manajemen AirAsia juga dinilai terbuka untuk berbagai pertanyaan dan permintaan dari para investor, terutama terkait dengan kinerja perusahaan dan hubungan dengan pihak luar, yang mana dapat dipertahankan dengan baik.
Penghargaan tersebut merupakan acara penghargaan tahunan ke-14 yang menentukan Best Managed and Governed Companies di Asia yang selalu diterbitkan oleh Euromoney dan menjadi standar yang digunakan untuk survei pendapat para analis ekuitas.
Editor majalah Euromoney, Clive Horwood mengatakan, perusahaan-perusahaan terbaik yang terpilih memiliki peranan yang sangat besar dalam pertumbuhan negara mereka dan fokus pada integrasi dan perluasan usaha, sementara perusahaan lain berusaha untuk bertahan dari krisis ekonomi global. (ant/as)

No comments:

Post a Comment