Friday, February 28, 2014

Kiat Menyambut Pegawai Baru



Kiat Menyambut Pegawai Baru


Dalam banyak perusahaan besar, umumnya tanggung jawab staf HRD untuk menyambut pegawai baru dalam lingkungan perusahaan. Namun, bagaimana jika perusahaan Anda belum mampu memiliki departemen SDM terpisah untuk itu?


Tugas departemen HRD pun harus Anda pikul sendiri dengan memberikan sambutan yang sepantasnya. Kini Anda harus menggunakan beberapa kiat baru untuk membantu bisnis Anda dalam menyambut pegawai baru.

1. Sambutlah mereka

Sambutlah para pegawai baru saat mereka pertama kali masuk kantor. Jangan biarkan mereka menunggu di lobi atau ruang tunggu begitu saja. Maksimalkan kesan pertama Anda, karena itu akan sering menjadi kesan yang mewarnai hubungan pegawai tersebut dengan pegawai baru.

2. Siapkan ruang kerjanya

Saat pegawai baru datang, pastikan ruang kerjanya sudah siap digunakan. Pastikan pula semua peralatan kerjanya berfungsi normal dan siap digunakan menunjang kegiatan kerjanya. Tanyakan apakah ia memiliki syarat khusus tentang ruang kerja agar bisa lebih berkonsentrasi.

3. Buat akun

Bersamaan dengan komputer yang sudah siap, Anda bisa menyiapkan akun email, akun perusahaan dan kata kunci untuknya.

4. Perkenalkan pada tim

Menemui pegawai lain pada hari pertama bekerja bisa jadi sebuah pengalaman yang mendebarkan. Dan mengingat nama semua orang dalam sekali waktu bukan pekerjaan yang mudah. Namun, jangan lupa bahwa Anda perlu membuat orang baru ini merasa nyaman dan diterima dengan baik oleh semua anggota tim.Akan lebih baik jiak ia diperkenalkan langsung dan diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri ke masing-masing anggota tim.

5. Memandunya

Pegawai baru pasti tidak banyak memahami seluk beluk kantor tempatnya bekerja. Hal-hal kecil seperti tempat penyimpanan kertas juga perlu Anda jelaskan. Berikan sedikit penjelasan singkat mengenai denah kantor Anda dan hal-hal kecil yang menunjang kinerjanya di sana. Dan kemudian jangan lupa berikan kesempatan bertanya.

6. Ajak makan

Cara lain untuk membuatnya merasa lebih diterima ialah dengan mengajak makan siang. Ini membutkikan kepedulian Anda semua padanya. Sebelum mengajaknya makan, tanyakan apakah ia memiliki alergi atau ketidaksukaan pada makanan tertentu.

7.  Siapkan dokumen

Siapkan dokumen peraturan perusahaan yang perlu dipelajari pegawai baru. Tak hanya itu, berikan pula detil penting lain seperti fasilitas karyawan dan informasi gaji dan sebagainya.

8. Bersikap apa adanya

Biarkan budaya perusahaan tecermin melalui perilaku dan sikap keseharian Anda. Jika dalam perusahaan berlaku sebuah tata busana tertentu, pastikan pegawai baru mengetahuinya.

9. Berikan pekerjaan

Di hari pertama mereka, jangan membuat pegawai baru hanya bengong mengamati orang lain bekerja. Berikan mereka deskripsi pekerjaan yang menjadi bagian mereka.

10. Berikan tindak lanjut di akhir hari kerja

Sebelum pulang, tanyakan pada pegawai baru bagaimana hari pertama bekerjanya, berikan ia kesempatan bertanya, dan ucapkan terima kasih karena sudah bekerja dengan baik di hari pertamanya.

No comments:

Post a Comment