Tuesday, February 25, 2014

Membuat Hubungan Emosional dengan Karyawan



Membuat Hubungan Emosional dengan Karyawan


 Makin tinggi level seseorang dalam sebuah perusahaan, yang makin penting yaitu bagaimana caranya membangun hubungan denga karyawan di level personal. Tunjukkan pada orang bahwa Anda tidak hanya membangun sebuah hubungan profesional tetapi juga menguatkannya dengan hubungan emosional yang erat dengan para pegawai Anda. Ini akan membuat tim perusahaan Anda lebih solid dan kompak, bahkan saat menghadapi krisis paling parah sekalipun.

Berikut adalah 3 cara untuk menempa hubungan emosional tersebut:

    Berikan perhatian yang tidak terbagi: Hal ini terdengar sangat mudah diucapkan namun sukar diwujudkan. Saat Anda sedang harus mengerjakan banyak tugas dalam sekali waktu, Anda akan dengan mudah mengabaikan kewajiban ini. Dalam percakapan di tempat kerja, bersikaplah santai tetapi tetap pelihara rasa hormat mereka pada Anda dan cobalah memfokuskan pikiran Anda hanya pada inti dari pesan yang ingin mereka sampaikan pada Anda.
    Ingatlah emosi itu menular: Jika Anda sedang merasa sangat gelisah atau memiliki suasana hati yang buruk, berupayalah untuk memisahkan diri dulu dari karyawan. Saat Anda merasa lebih baik dalam hal mood dan emosi, hadirilah lebih banyak pertemuan dan rapat dan habiskan banyak waktu dengan para karyawan. Anda juga bisa berpikir sebaliknya, jika pikiran Anda sedang penuh beban, bersantailah dengan para karyawan atau berolahraga bersama mereka dalam rangka peningkatan kekompakan pemimpin dan orang yang dipimpinnya.
    Bersosialisasi ke luar: Meskipun Anda seseorang yang berkepribadian introvert, jangkaulah sebanyak mungkin orang, libatkan diri dalam berbagai diskusi dan secara aktif memberikan masukan pada yang membutuhkan. Anda tidak dapat membangun hubungan emosional yang baik dengan mereka jika Anda mengurung diri dalam ruangan terkunci.

No comments:

Post a Comment