Friday, February 28, 2014

Tanda-Tanda Anda Butuh Istirahat dari Bisnis



Tanda-Tanda Anda Butuh Istirahat dari Bisnis



Entrepreneur telah terbiasa bekerja keras saat orang lain bersantai. Dan mereka juga masih bekerja di saat orang lain bekerja. Memang patut diakui pula bahwa sebagian besar entrepreneur mengidap sindrom workaholic. Tak ada yang salah dengan bekerja, tetapi saat keseimbangan kehidupan Anda mulai terganggu, saatnya Anda bertindak.


Inilah 6 tanda yang perlu Anda perhatikan. Jika menemukan sebagian besar tanda ini dalam diri Anda, kemungkinan besar Anda perlu rehat sejenak. Dan rehat kali ini Anda tak perlu mengerjakan apapun dan mengistirahatkan pikiran secara total dari bisnis Anda.

Memperlakukan semuanya layaknya bisnis

Berbisnis adalah hal yang baik, tetapi kurang sehat untuk menggunakan perspektif bisnis dalam semua aspek kehidupan kita. Bahkan jika sudah menjangkau aspek kecil dalam kehidupan sehari-hari yang tak selayaknya menggunakan perspektif bisnis, berarti Anda sudah berada dalam ketidakseimbangan.

Tidak peduli lingkungan sekitar

Anda terlalu fokus pada startup dan bisnis sehingga lingkungan Anda pun terbengkalai. Kebersihan kamar tidur dan ruang kerja tidak lagi Anda perhatikan.  Anda terpaku di meja untuk bekerja dan bekerja. Itu juga tak sehat secara fisik dan mental.

Terbangun di malam hari

Tak ada yang salah jika sekali-kali terbangun di malam hari, tetapi jika itu terjadi berulang kali dan membuat Anda tak bisa tidur nyenyak mungkin sudah saatnya Anda mawas diri. Apakah itu manifestasi dari kecemasan yang Anda hadapi dalam bisnis? Jika betul, saatnya Anda beristirahat.

Terobsesi dengan investor

Di manapun dan kapanpun Anda selalu terpikir untuk menemukan investor kaya raya yang bersedia memberikan pendanaan untuk bisnis baru Anda. Setiap kata pun Anda tata agar menarik orang tersebut untuk menjadi investor.

Berjejaring sosial tak kenal lelah

Berjejaring sosial adalah cara praktis membangun jejaring bisnis. Namun,  jika anda sudah begitu kecanduan jejaring sosial hanya untuk mendapatkan kenalan bisnis baru yang bisa Anda kerjasama untuk proyek berikutnya atau menjadi klien berikutnya, sudah saatnya mungkin Anda beristirahat. (*AP)

No comments:

Post a Comment