Sunday, February 23, 2014

Tren Bisnis Digital yang Perlu Anda Ketahui



Tren Bisnis Digital yang Perlu Anda Ketahui


Beberapa tahun terakhir ini kita menyaksikan perkembangan dunia bisnis digital yang seolah tak terbendung. Perkembangannya demikian cepat hingga apa yang kita genggam hari ini bisa mendadak usang keesokan harinya.

Menurut sejumlah entrepreneur berpengalaman, sebagaimana dikutip oleh David Cummings, tren bisnis ini perlu diketahui dan dicermati karena bisa menawarkan banyak peluang bisnis di dalamnya. Dengan demikian, entrepreneur bisa berfokus pada ceruk pasar yang terbatas namun lebih menguntungkan dan berkembang pesat. Menunggangi tren besar yang ada juga menjadi faktor pemercepat keberhasilan sebuah startup.

Berikut ialah sejumlah tren besar industri digital yang perlu Anda ketahui:

    Cloud computing/ komputasi awan: Inilah penggunaan sumber daya komputasi dengan menggunakan jaringan Internet atau jejaring lain. Model bisnisnya yakni ITaaS (IT as a Service), yang digunakan dalam lingkungan perusahaan, organisasi , dsb. Di sini, orang menggunakan software sebagai layanan, pengguna juga menyewa database dan software aplikasi. Penyedia layanan komputasi awan mengelola infrastruktur dan platform yang digunakan untuk menjalankan aplikasi.

    Crowdsourcing: Proses ini melibatkan pekerjaan outsource pada kelompok orang yang telah disebarkan. Proses tersebut juga bisa terlaksana baik di ranah offline dan online. Perbedaan antara crowdsourcing dan outsourcing biasa ialah bahwa pekerjaan atau masalah dicari dilimpahkan pada publik secara umum daripada badan tertentu seperti pegawai yang sudah digaji.
    Social media: Jejaring sosial tampaknya belum meredup hingga beberapa waktu ke depan meski patut diakui sejumlah pasar sudah jenuh.
    Platform Mobile: Jumlah perangkat mobile seperti tablet PC, ponsel, dan sebagainya begitu tinggi saat ini dan masih akan bertambah. Ini adalah peluang yang begitu besar.
    Location-based services: Layanan berbasis lokasi ialah kelas umum layanan tingkat program komputer yang digunakan untuk memasukkan kendali spesifik untuk data lokasi dan waktu. Layanan ini banyak digunakan dalam jejaring sosial masa kini sebagai hiburan. Biasanya diakses via perangkat bergerak seperti smartphone dan tablet PC.

Itulah sebagian tren umum. Intinya Anda perlu menemukan sudut pandang yang berbeda dan unik serta unsur pembeda yang lebih baik dalam tren untuk melaju. Untuk masalah waktu, 2 hingga 4 tahun sudah bisa dianggap optimal. (*AP)

No comments:

Post a Comment