Tuesday, November 26, 2013

Dijual, Fosil Lengkap Diplodocus Asli



Dijual, Fosil Lengkap Diplodocus Asli
 

Diplodocus merupakan spesies sauropod yang memiliki leher panjang serta ekor bagaikan cambuk

Jika Anda memiliki uang banyak, memiliki taman yang sangat luas atau ruangan yang cukup besar, Anda boleh memiliki Misty. Ia merupakan fosil Diplodocus pertama yang ditawarkan untuk dijual di Inggris.

Pada sebuah ajang lelang "Evolusi" yang digelar Rabu (27/11) oleh Summers Place Auctions of Billingshurst, West Sussex, Inggris, siapa pun boleh menawar Misty. Harapannya, kerangka tubuh Misty diharapkan terjual antara 400 sampai 600 ribu pound atau sekitar Rp7,5 sampai 11,3 miliar.

Nama Misty sendiri merupakan kependekan dari "Mystery" yang merupakan nama sebuah tempat di Ten Sleep, Wyoming, di mana fosil tersebut ditemukan tahun 2009 lalu. Ketika itu, Raimund Albersdorfer, seorang pemburu fosil sedang melakukan eksploras dan menyuruh dua anaknya mencari di tempat lain yang dianggap tak bernilai oleh para profesional.

Anak-anak itu kemudian menyebutkan bahwa mereka menemukan sebuah tulang yang terlalu besar untuk dibawa. Sembilan pekan kemudian, seluruh tulang belulang Misty berhasil diekskavasi dan dibungkus plester untuk konservasi.

Diplodocus sendiri merupakan spesies sauropod yang memiliki leher panjang serta ekor bagaikan cambuk. Mayoritas spesimen fosil spesies itu ditemukan pada Morrison Formations, sebuah formasi bebatuan sedimen yang berusia 150 juta tahun, di kawasan barat Amerika Serikat.

Dan tidak seperti diplodocus terkenal yang disimpan di Natural History London yang sebenarnya merupakan  sebuah replika, Misty adalah fosil asli. Tetapi jika ia terlalu besar untuk Anda milikiAnda juga bisa membeli fosil seekor tarpan, kuda liar Eurasia yang diperkirakan akan laku terjual di harga 5000 sampai 8000 pound atau sekitar Rp94 sampai 151 juta.

(Muhammad Firman. Sumber: newscientist .com)

No comments:

Post a Comment