Monday, February 17, 2014

3 Langkah Menggenjot Semangat Karyawan



3 Langkah Menggenjot Semangat Karyawan



3 Langkah Menggenjot Semangat Karyawan. Sebagai pemilik bisnis sekaligus juga manajer, seorang entrepreneur pemula yang belum banyak memiliki pegawai  biasanya harus berjuang sendiri untuk mengatur pegawainya. Menghadapi pegawai membutuhkan ketrampilan tersendiri yang tidak bisa dipelajari hanya dengan mendengar atau membaca teori di buku. Entrepreneur perlu mengalaminya sendiri.

Bukan masalah jika karyawan kita memiliki semangat kerja yang tinggi. Namun, jika penurunan semangat itu terjadi secara terus menerus dan melanda sejumlah pegawai yang bisa mengakibatkan stagnansi usaha, kita jangan berpangku tangan. Bangkitkan antusiasme mereka dalam bekerja dengan membuat mereka merasa menjadi bagian penting dari perusahaan, karena memang begitulah adanya. Tanpa sumber daya manusia yang berkualitas dan bersemangat tinggi, bisnis seperti apapun tidak akan berhasil.

Berikut ialah 3 hal yang Anda perlu lakukan setiap hari agar membuat karyawan merasa menjadi bagian penting perusahaan:

1. Fasilitasi kemajuan: Para karyawan merasa terlibat dan diperhatikan saat mereka bekerja dan semakin dekat dengan tujuan bersama. Berikan tujuan-tujuan yang jelas dan sediakan semua yang dibutuhkan oleh mereka untuk mencapai tujuan perusahaan dengan memajukan mereka pula.

2. Memberikan makna pada pekerjaan: Perusahaan Anda tidak harus memiliki misi yang begitu tinggi dan muluk-muluk agar para karyawan merasa diperhatikan. Mereka hanya ingin Anda menyaksikan bagaimana kontribusi mereka terhadap majunya perusahaan dan manfaat yang diberikan pada konsumen melalui produk dan layanan.

3. Akui kontribusi dan berikan imbalan: Dan jangan lupa memberikan apresiasi dalam berbagai bentuk atas kontribusi tersebut. Tunjukkan penghargaan tersebut tidak hanya sekali tetapi juga dalam keseharian Anda berinteraksi dengan mereka. 

No comments:

Post a Comment