Friday, February 14, 2014

6 Cara Mudah Cegah Pengutil di Toko Anda



6 Cara Mudah Cegah Pengutil di Toko Anda


Sudah menjadi insting manusia modern untuk mengandalkan teknologi saat menghadapi masalah. Namun, saat harus mencegah tindak pencurian di toko Anda, solusi sederhana (tanpa teknologi tinggi) sebetulnya juga bisa dipilih.


Berikut adalah 6 cara mudah tanpa penggunaan teknologi yang rumit untuk menyulitkan pengunjung nakal di toko Anda.

1. Sapa setiap pengunjung dan tatap mata dan wajahnya: Pengutil cenderung menghindari kontak mata dengan para penjaga toko karena mereka tidak mau wajahnya diingat jika kepergok mengutil. Jadi jangan cuma mengatakan 'selamat datang' ke pengunjung sebagai basa-basi. Lakukan kontak mata dan salami mereka dengan tulus untuk menunjukkan Anda sadar penuh dengan kehadiran mereka.

2. Atur barang dengan serapi mungkin: Pengaturan barang di toko yang rapi memudahkan pengunjung mencari apa yang mereka butuhkan. Tetapi bagi pemilik dan penjaga toko, kerapian pengaturan barang akan memudahkan mata menemukan barang di etelase yang tiba-tiba menghilang.

3. Beri pencahayaan yang cukup: Pastikan toko Anda cukup terang hingga ke sudutnya sekali pun. Pengutil menyukai beraksi di toko yang remang-remang.

4. Gunakan pemisah dari plastik: Tambahkan pemisah rak dari plastik bening di pinggiran rak untuk mencegah pengutil mengambil barang tetapi di saat yang sama memudahkan pembeli memilih dengan cermat barang yang diinginkan. Barang dengan harga jual tinggi patut diamankan dengan taktik ini.

5. Gunakan kode rahasia: Disarankan bagi pemilik toko untuk memiliki kode rahasia yang bisa digunakan dengan penjaga toko jika ada pengunjung yang mencurigakan.

6. Desain denah toko yang mudah diawasi: Mudahkan diri Anda mengawasi setiap rak barang yang dijual karena pengutil akan lebih mudah beraksi jika kondisi penataan rak menghalangi pandangan sang penjaga dan pemilik toko. (ap)

No comments:

Post a Comment